Alamat

Jalan Balige-Laguboti Km. 5 Tambunan Lumban Pea Timur Telp. (0632)21165 email : ikahi.pabalige@gmail.com

Selasa, 21 Oktober 2014

Ketua MA Lantik Empat Hakim Agung Baru



 
Jakarta  - Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali secara resmi melantik empat orang Hakim Agung. Keempat Hakim Agung tersebut adalah Amran Suadi yang sebelumnya sebagai Wakil ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Purwosusilo sebelumnya Direktur Jenderal Badilag MA, Sudrajat Dimyati sebelumnya bertugas sebagai Wakil Pengadilan Tinggi Pontianak dan Is Sudaryono sebelumnya Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan.

Prosesi Pelantikan sendiri dilaksanakan di ruang Sidang Utama Gedung Sekretariat MA, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (21/10). Hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Ketua Komisi Yudisial Abbas Said, serta sejumlah Ketua Pengadilan Tinggi.

Ketua MA Hatta Ali dalam sambutan singkatnya berharap keempat Hakim Agung tersebut dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Sehingga lanjutnya bisa berkontribusi positif bagi MA.

"Semoga setelah dilantik ini, bisa bekerja," kata Hatta Ali di Jakarta

Selanjutnya Hakim Agung Amran dan Hakim Agung Purwosusilo akan ditempatkan di Kamar Agama, Sementara Hakim Agung Dimyati akan di Kamar Perdata dan Hakim Agung Is Sudaryono di Kamar TUN. Saat ini MA memiliki 52 hakim agung dan 4 di antaranya pensiun tahun ini.

Keempat Hakim Agung tersebut adalah hasil pebetapan yang dipilih oleh Komsii III DPR RI pada Senin (15/9) bulan lalu. Keempat Hakim Agung tersebut sebelumnya mengantongi masing-masing 38 suara dari 50 Anggota DPR Komisi III yang hadir. Sedangkan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Jayapura Muslich Bambang Luqmono yang juga disusulkan oleh Komisi Yudisial, tidak setujui oleh DPR lantaran hanya mengantongi 13 suara.

Sekadar diketahui seleksi calon hakim agung pada periode ini sendiri diselenggarakan dalam rangka memenuhi kekosongan jabatan hakim agung sebanyak 10 hakim agung, dengan komposisi Hakim Agung Kamar Agama 2 orang, Hakim Agung Kamar Perdata 3 orang, Hakim Agung Kamar TUN 3 orang dan Hakim Agung Kamar Pidana 2 orang. Pelaksanaan seleksi dimulai pada tanggal 17 Februari hingga 7 Maret 2014 dan diperpanjang hingga 21 Maret 2014 ini diikuti 72 orang pendaftar.

(sumber : http://komisiyudisial.go.id/berita-5386-ketua-ma-lantik-empat-hakim-agung-baru.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar