Alamat

Jalan Balige-Laguboti Km. 5 Tambunan Lumban Pea Timur Telp. (0632)21165 email : ikahi.pabalige@gmail.com

Minggu, 12 April 2015

KY Minta Pengamanan Ketat Untuk Hakim MA


Suparman Marzuki. [www.tempo.co] Suparman Marzuki. 
[JAKARTA] Komisi Yudisial (KY) meminta penguatan pengamanan untuk hakim-hakim di daerah mengingat maraknya aksi yang mengancam selama proses persidangan, kata Ketua Suparman Marzuki di Istana Wakil Presiden Jakarta, Jumat (10/4).

"Ada beberapa kasus, seperti penyerbuan, penembakan terhadap gedung pengadilan di Gorontalo, ancaman fisik dan ancaman lain yang diterima para hakim dan dilaporkan ke KY," kata Suparman usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Suparman, yang didampingi Anggota KY Ibrahim saat bertemu Wapres Kalla, mengatakan tidak ada peningkatan intensitas tindak kriminal selama persidangan.

Namun, menurut dia, para hakim berhak mendapatkan pengamanan ketat bahkan pengawalan khusus ketika menangani kasus-kasus yang sensitif.

"Kami ingin hakim-hakim itu dapat menjalankan kewenangannya dengan tenang dan tidak diliputi rasa khawatir serta takut," tambahnya.

Oleh karena itu, ia berharap kepada Wapres agar dapat memberikan perhatian khusus dengan memerintahkan jajaran aparat Kepolisian RI untuk memberikan pengawalan hakim.

"Di sini tentu kami memohon perhatian Pemerintah. Karena Polri itu di bawah Pemerintah, maka kami harap Wapres dapat mengkoordinasikannya dengan Polri terkait masalah ini," katanya.

Suparman mengatakan selama ini belum ada mekanisme terperinci terkait pengamanan terhadap para hakim Mahkamah Agung.

Namun, seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim diatur secara jelas bahwa hakim berhak atas keamanan yang penuh dalam menjalankan tugas dan kewenangannya

(sumber : http://sp.beritasatu.com/home/ky-minta-pengamanan-ketat-untuk-hakim-ma/83891)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar