Alamat

Jalan Balige-Laguboti Km. 5 Tambunan Lumban Pea Timur Telp. (0632)21165 email : ikahi.pabalige@gmail.com

Minggu, 18 Januari 2015

Media Berperan dalam Pengawasan Hakim




Manado  - Media mempunyai peranan penting sebagai katalisator bagi penegakan hukum di Indoensia. Kekuatan media dapat mengontrol kebijakan dan kinerja pemerintah. Komisi Yudisial (KY) sebagai bagian dari pemerintah memerlukan peran serta media dalam penegakan hukum di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Eman Suparman saat mengunjungi harian Manado Post disela-sela kesibukannya melakukan Sosialiasasi dan Penjaringan Calon Hakim Agung (CHA) di Pengadilan Tinggi Manado.

Pada kesempatan tersebut Eman yang didampingi oleh Kepala Biro Rekrutmen Advokasi dan Peningkatan Kapasitas Hakim Heru Purnomo disambut oleh Redaktur Pelaksana Manado Post Filip Kapantow berserta Pemimpin Redaksi Manado Post Online Rudni di Graha Pena Jalan Babe Palar No 62 Wanea, Manado, Senin (12/01).

Eman menjelaskan wewenang dan tugas KY, khususnya dalam melakukan Seleksi Calon Hakim Agung (SCHA). Pada periode I tahun 2015 ini KY akan melakukan seleksi untuk memenuhi permintaan Mahkamah Agung (MA) dalam mengisi delapan kekokosongan hakim agung.

Menurut Eman, kedatangan KY ke Manado dalam rangka mensosialisasikan dan menjaring calon potensial yang ada di daerah, khususnya di wilayah Sulawesi Utara.

"Media di daerah punya peran penting dalam membantu KY mensosialisasikan tugas KY, serta memberi informasi ke KY terkait track record hakim yang ada di daerah," ungkap Eman.

Terkait pengawasan hakim, Eman meminta peran serta media untuk membantu KY dalam melakukan pengawasan hakim di daerah. Media dapat memberikan informasi kepada KY kalau ada dugaan Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

"Kalau media mengetahui hal-hal yang melanggar KEPPH silahkan laporkan ke KY langsung atau melalui kantor penghubung di daerah," ajak Guru Besar Universitas Padjajaran, Bandung ini

(Sumber : http://www.komisiyudisial.go.id/berita-54222-media-berperan-dalam-pengawasan-hakim.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar