Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik,
pekan lalu (30/1/2015) pengadilan agama Bogor telah melaunching delapan
program unggulan yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Badan
Peradilan Agama.
Kedelapan
program unggulan tersebut antara lain sidang itsbat nikah terpadu,
pelayanan one stop service, link bank, meja informasi dan pengaduan,
mesin antrian elektronik, sms centre info perkara, arsip digital dan
tabayun online.
Pelaunchingan yang dilakukan secara sederhana tersebut dilakukan oleh wakil ketua pengadilan tinggi agama Bandung, H. Helmi Bakry, S.H., M.H. di ruang sidang utama pengadilan agama Bogor. Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan dan pejabat pengadilan agama Bogor.
Dengan
dilaunchingnya program unggulan tersebut, diharapkan masyarakat pencari
keadilan akan mendapatkan kemudahan dalam berperkara di pengadilan
agama Bogor. Selain itu, juga dapat memotivasi para pimpinan dan pegawai untuk terus meningkatkan pelayanannya.
Misalkan
dengan adanya layanan sms centre info perkara, masyarakat dapat dengan
mudah dan cepat mendapatkan informasi seputar perkara seperti jadwal
sidang, informasi perkara, keuangan perkara, akta cerai. Selain itu
juga, masyarakat juga dapat mengirimkan sms pengaduan kepada pengadilan
agama bogor.
Caranya
cukup dengan mengirimkan sms ke nomor yang telah ditunjuk, yang berisi
jenis informasi spasi nomor perkara, misalkan : JADWAL
SIDANG_1234/Pdt.G/2015. Setelah menunggu beberapa saat, mereka akan
mendapatkan sms jawaban terkait jadwal sidang yang diinginkan.
Layanan yang tidak kalah mudahnya
adalah link bank yang berfungsi sebagai tempat pembayaran panjar biaya
perkara. Masyarakat tidak direpotkan lagi ketika membayar biaya perkara
di bank yang letaknya jauh di luar gedung pengadilan, karena di dalam
gedung pengadilan agama Bogor telah tersedia bank tersebut.
Dalam hal pembayaran panjar biaya perkara, pengadilan agama Bogor telah menggandeng bank jabar banten syariah untuk melakukan kerja sama. (ws)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar